E- Commerce (electronic commerce) merupakan metode untuk menjual produk secara on line melalui fasilitas internet.
E- Commerce merupakan bidang multidisipliner (multidisciplinary field) yang mencakup:
Bidang teknik: jaringan, telekomunikasi, pengamanan, penyimpanan dan pengambilan data dari multimedia;
Bidang bisnis: pemasaran (marketing), pembelian dan penjualan (procurement and purchasing), penagihan dan pembayaran (billing and payment), manajemen jaringan distribusi (supply chain management);Aspek hukum information privacy, hak milik intelektual (property right).
- E-Commerce dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu
Business to Business (B2B)
Business to Consumer (B2C, retail)
Kedua jenis e-Commerce ini memiliki karakteristik yang berbeda
E-commerce menjadi best practice
Dapat memikirkan e-bisnis seperti bisnis,dan melakukan ketertiban.
Dapat menjadi data bagi customer yang mau belanja.
Dapat memberikan beberapa pilihan pembayaran dengan tanpa harus bayar dengan cash.
Dapat mempermudah dalam transaksi jual-beli.
Dapat melakukan transaksi jual beli tanpa harus bertemu antara penjual dan pembeli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar